Bahaya Mengunyah Es Batu

haloooooooooooooo... setelah sekian lama vacuum dari dunia blogger, anggun dateng lagi dengan judul post yang agak aneh.__.
Yaa kenapa aku bilang aneh?? 

Soalnya.. Bagi sebagian orang, menggigit es batu pasti akan terasa ngilu. Namun bagi sebagian yang lain, menggigit -bahkan mengunyah- es batu justru terasa mengasyikkan. Ketika minuman di dalam gelas sudah tandas, orang ini lantas dengan asyik mengunyah es batu yang tersisa, menimbulkan suara gemerutuk. 
Nah!!!! akuhh adalah bagian dari orang yang hobby ngunyah es batu._. kebiasaan ini udah dari SMP , entah kenapa asik ngunyah es batu itu! cobain sekali aja ketagihan deh.. seriusan apalagi kalo abis makan makanan panas, mulut jadi terasa dingin seketikaaa.. brrrrr 

temen deket aku juga ada yang hobby ini juga, bahkan kami menularkan kebiasaan ini ke lingkungan sekitar (?).kebiasaan ini udah jadi candu. Nah, setelah beberapa tahun punya kebiasaan yang tak lazim ini baru tau ini kebiasaan buruk.

Anahad O'Connor, kolumnis harian The New York Times, belum lama ini menulis sebuah artikel yang mengaitkan kebiasaan mengunyah es batu dengan anemia. 

"Para peneliti sebenarnya tidak benar-benar memahami kaitannya, tetapi beberapa di antara mereka mencurigai bahwa konsumsi es yang kompulsif -yang disebut pagophagia- meringankan peradangan di mulut yang disebabkan oleh kurangnya kadar zat besi dalam tubuh," begitu tulisnya. 

Dari pengalaman para dokter, pasien yang mengaku mengidap kebiasaan ini ternyata memang menunjukkan rendahnya kadar hemoglobin, setelah dilakukan tes darah. Kondisi inilah yang disebut dengan pagophagia tersebut, yang mengindikasikan kurangnya kadar zat besi dalam darah.

Ternyata, cukup banyak pembaca kolomnya yang memiliki pengalaman semacam itu. Seorang perempuan bernama Nancy meninggalkan pesan di bawah artikel tersebut. 

"Itu memang suatu dorongan buat saya," tulis Nancy. "Saya mengunyah es sampai tiga gigi saya rusak, dan harus membuang uang untuk memperbaikinya. Saya lalu didiagnosa dengan anemia yang parah, mulai mengonsumsi zat besi, dan harus menjalani prosedur ablasi. Sejak saat itu saya tidak pernah ingin sepotong es sama sekali."


Kerusakan gigi tampaknya memang merupakan efek langsung dari kebiasaan mengunyah es batu. Es bisa mengikis enamel gigi, begitu menurut Dr Igal Elyassi, ahli kosmetika gigi dan pemilik Wilshire Smile Studio Dental Group di Los Angeles. Menurut Elyassi, kerusakan itu akibat aktivitas gigi dalam upaya memecahkan substansi yang keras dalam waktu lama. Hal ini memberi pengaruh yang sama dengan kebiasaan orang menggeratakkan gigi saat tidur. Akibatnya, gigi yang terkena bisa menjadi lebih pendek. Atau, ketika Anda mengunyah es dalam jumlah banyak, bisa-bisa seluruh gigi Anda bisa rontok.

HIIIIH SEREMM KAN YAAA!!!!! HAYOOOOO YANG PUNYA KEBIASAAN INIIIIII!!! memang sih, namanya kebiasaan pasti sulit diubah, tapi harus mendapat perubahan agar masa depan lebih cerah(?). pribadi sendiri sudah pernah nyoba buat hentiin kebiasaanburuk ini. Tapi belum berhasil:-(. ayoo kita coba bersama.. dari hal kecil seperti mengganti es batu dengan air dingin saja:-))

SEMOGA BERHASIL!! BUAT YANG GA PUNYA KEBIASAAN INI JANGAN COBA-COBA.





sumber :http://female.kompas.com/read/2010/06/24/17165577/Mengunyah.Es.Batu..Asyik.tapi.Bahaya-12
http://id.wikipedia.org/wiki/Anemia#Tanda_dan_gejala_anemia


Komentar

  1. ampe sekarang pun lu masih doyan ngunyah "stone ice" nggun ._.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kita dan Dunia Perkancutan

introduce

Cerita Singkat Perpisahan & Tips mengatasinya